Sabtu, 26 Februari 2011

CARA TEPAT MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam pendidikan formal, pendidikan guru sekolah dasar universitas kanjuruhan (UK ) Malang. Sabtu (15/01) mengadakan kuliah tamu di gedung H lantai tiga Aula Multikultural UK. Dengan diikuti ratusan Mahasiswa. Acara yang bertema “meningkatkan kualitas mengajar yang professional”

Universitas Kanjuruhan-HMJF (Sabtu, 15 Januari 2011)

Pendidikan yang baik haruslah diselingi dengan peningkatan mutu pendidikan yang baik pula. Mutu pendidikan dimulai dari pendidikan formal di tingkat dasar sampai pendidikan tingkat perguruan tinggi. Universitas Kanjuruhan tepatnya berada di Gedung H lantai tiga pada acara kuliah tamu yang merupakan program kerja tahunan prodi FKIPGSD (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dengan mengundang para pejabat yang terkait dengan bidang pendidikan yaitu dari Dinas Pendidikan Kota Malang.

Selain itu, hampir 99,9% mahasiswa jurusan PGSD angkatan tahun 2010 dan 2009 antusias mengikuti acara tersebut. “Dari 300 kursi kursi yang kami pesan itu kurang mencukupi untuk para peserta yang hadir dalam seminar, lalu kami memesan 100 buah kursi lagi dan dari 400 kursi yang kami pesan, semuanya hampir penuh oleh para peserta yang hadir”, ujar Bapak Drs. I Ketut Suastika, M.Si., Kaprodi PGSD. Acara kuliah tamu dengan tema “Optimalisasi Peran Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Pendidikan Karakter” ini disajikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Sri Wahyuningtyas, M.Si. dan Pembantu Rektor 1 Prof. Dr.. Tries Edy Wahyono, MM dengan penyajian yang sangat menarik dan dapat dengan mudah ditangkap maksud dari pembahasan materi yang disampaikan.

Acara ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena yang terjadi saat ini yang disebabkan karena penurunan moral baik dari kalangan siswa sampai para pejabat ataupun orang-orang kecil. Seperti yang sering kita lihat dari beberapa media elektronik tentang kasus perkelahian antar siswa seperti adegan Geng Nero, tawuran, bahkan dari golongan pejabat yang saat ini sangat marak diperbincangkan yakni masalah korupsi, serta aksi-aksi yang lain yang menurut kita adalah suatu tindakan yang amoral.

Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi pendidikan yang ada di Negri kita tercinta ini. “Pendidikan berkarakter sangat penting ditanamkan pada siswa dan manfaatnya untuk para mahasiswa yaitu mereka dapat menambah wawasan sekaligus menciptakan siswa-siswi mereka nanti agar menjadi siswa-siswi yang berkarakter dan berakhlak tentunya.” Kata Bapak Drs. I Ketut Suastika, M.Si. (venti HMJF)

0 komentar:

Posting Komentar